Tanda Baca Penutup

Tanda titik, tanda seru, dan tanda tanya.

Ivan Lanin
2 min readApr 23, 2023

--

Gambar Penggunaan Tanda Baca Penutup

Tanda baca penutup adalah tanda baca yang menutup atau mengakhiri kalimat. Kelompok ini terdiri atas tanda titik (.), tanda seru (!), dan tanda tanya (?). Tanda titik menutup kalimat berita, tanda seru menutup kalimat perintah atau seru, sedangkan tanda tanya menutup kalimat tanya.

Tanda Titik

Penggunaan tanda titik ada lima, yaitu pada kalimat berita, nomor daftar, satuan waktu, jumlah ribuan, dan singkatan.

  1. Tanda titik digunakan pada akhir kalimat berita.
  2. Tanda titik digunakan di belakang atau di antara nomor daftar.
  3. Tanda titik digunakan untuk memisahkan satuan waktu.
  4. Tanda titik digunakan untuk memisahkan kelipatan ribuan yang menunjukkan jumlah.
  5. Tanda titik digunakan pada akhir singkatan atau akhir tiap unsur singkatan tertentu.

Tanda Seru dan Tanya

Penggunaan tanda seru dan tanda tanya masing-masing hanya satu.

  1. Tanda seru digunakan pada akhir kalimat perintah atau seru.
  2. Tanda tanya digunakan pada akhir kalimat tanya.

EYD mencantumkan penggunaan tanda tanya di dalam tanda kurung untuk menyatakan bagian kalimat yang diragukan atau yang kurang dapat dibuktikan kebenarannya. Namun, saya memilih untuk tidak melegalkan penggunaan tersebut karena dapat menjadi alasan penulis untuk melepaskan tanggung jawab atas tulisannya.

Tanda seru dapat dihilangkan, sedangkan tanda tanya tidak. Penghilangan tanda seru dilakukan untuk mengurangi ketegasan kalimat, misalnya pada kalimat instruksi kerja. Sementara itu, penghilangan tanda tanya akan menyebabkan kalimat tanya dianggap sebagai kalimat berita.

Tulisan ini adalah bagian pertama dari lima seri penjabaran “Kelompok Tanda Baca”. Seri tulisan tentang penggunaan tanda baca ini memberikan pernyataan aturan dengan ringkas agar mudah diingat. Contoh penerapan aturan dapat dilihat pada gambar pembuka tulisan. Tiap tulisan mungkin akan diubah dan disempurnakan sesuai dengan isu yang saya temukan seiring dengan berjalannya waktu.

Tingkatkan keterampilan bahasa Anda melalui kelas Narabahasa, baik yang diadakan secara langsung (sinkron) maupun melalui rekaman (asinkron). Kunjungi toko daring kami di Shopee dan Tokopedia untuk memperoleh buku-buku dan pernak-pernik kebahasaan yang menarik.

--

--

Ivan Lanin

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang belajar bercerita setiap hari