Patjarmerah Solo

#200: Lokakarya, gelar wicara, dan wisata kuliner

Ivan Lanin

--

Foto Gerbang Patjarmerah Solo (Panitia PM Solo)

“Kalau ada sesi lokakarya, [kamu] mau bahas apa? Aku lagi otak-atik lagi 8 Juli dan ada ruang kosong yang bisa dipakai,” tanya Mbak Windy Ariestanty via WhatsApp (WA) pada pertengahan Juni 2023. Karena sedang mengajar, saya belum bisa menjawab langsung. Besok siangnya, Mbak Windy yang selalu persisten saat ada maunya ini kembali mencolek saya.

Belum jadi anggota Medium? Baca versi gratis tulisan ini.

Kami sedang merencanakan acara yang akan saya isi di Patjarmerah (PM) Solo. Saya mengusulkan topik lokakarya “Bagaimana Menulis Setiap Hari”, tetapi Mbak Windy meminta topik lain. Karena sudah dijadwalkan untuk mengisi gelar wicara tentang AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan), saya mengusulkan topik yang sama untuk lokakarya. Topik tentang AI itulah yang kemudian disetujui oleh Mbak Windy.

Akhirnya, saya mengisi dua sesi di PM Solo: lokakarya (workshop) “Menulis Bersama AI” pada Sabtu, 8 Juli 2023, dan gelar wicara (talk show) “AI: Siapa Kawan, Siapa Lawan” pada Minggu, 9 Juli 2023. Meski berbeda hari, kedua sesi itu sama-sama dilangsungkan antara pukul 13.00 s.d. 15.00.

Saya berangkat ke Solo Sabtu pagi dengan pesawat terbang bersama dengan Mbak Rara Wilis, partner saya di Narabahasa. Saya dijemput di bandara oleh Mas Faiz…

--

--

Ivan Lanin

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang berlatih bercerita setiap hari