Navigasi Dokumen Laporan

Penerapan gaya judul memudahkan perpindahan antarbagian dokumen.

Ivan Lanin
2 min readOct 20, 2023

--

Pada pelatihan penulisan laporan yang diadakan Narabahasa, saya kerap meminta para peserta untuk memberikan contoh laporan yang mereka buat. Contoh-contoh itu saya gunakan sebagai bahan bedah kasus dengan mengaktifkan fitur lacak perubahan (track changes) pada Microsoft Word. Dengan cara itu, para peserta tidak hanya mendapatkan teori penulisan, tetapi juga memperoleh kesempatan praktik langsung.

Salah satu hal yang sering luput dari perhatian para peserta saat membuat laporan adalah menerapkan gaya (style) judul (heading). Microsoft Word menyediakan gaya bawaan (default) Heading 1, Heading 2, dst. untuk menandai judul bab dan subbab pada dokumen. Penggunaan gaya judul tersebut memudahkan navigasi dokumen laporan untuk berpindah ke bagian yang kita inginkan.

Sebelum mulai membedah dokumen, biasanya saya merapikan dahulu judul-judul bagian dokumen. Saya menampilkan panel navigasi (navigation pane) dengan mencentang pilihan Panel Navigasi (Navigation Pane) pada menu Tampilan (Display). Jika dokumen sudah menerapkan gaya judul, panel itu akan terisi dengan judul-judul yang sudah ditandai. Penerapan gaya judul ini pun dapat dimanfaatkan untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Agar lebih mudah, saya buatkan video cara menerapkan gaya judul pada dokumen laporan. Semoga bermanfaat.

Tingkatkan keterampilan bahasa Anda melalui kelas Narabahasa, baik yang diadakan secara langsung (sinkron) maupun melalui rekaman (asinkron). Kunjungi toko daring kami di Shopee dan Tokopedia untuk memperoleh buku-buku dan pernak-pernik kebahasaan yang menarik.

--

--

Ivan Lanin

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang belajar bercerita setiap hari