Konsultan Manajemen

#567: 13 tahun, 3 perusahaan

Ivan Lanin

--

Ilustrasi: Sora Shimazaki/Pexels

Tulisan ini cukup lama teronggok dalam bank draf tulisan. Saya terlalu banyak berpikir saat membuatnya. Riwayat pekerjaan saya sebagai konsultan manajemen sebenarnya lebih sederhana daripada riwayat sebagai pemrogram komputer. Sebagai pemrogram, saya sempat bekerja di 5 perusahaan, sedangkan sebagai konsultan, saya hanya bekerja di 3 perusahaan: IndoConsult, APB Group, dan Proxsis Group.

Belum jadi anggota Medium? Baca gratis tulisan ini di sini.

IndoConsult (2006)

Peralihan profesi saya terjadi pada 2006 saat pindah ke IndoConsult (sekarang Arghajata). Pada awal itu, Pak Peter, orang Belgia pemilik C-Consulting, mengajak saya dan empat orang anggota tim saya untuk bertemu Pak Simon, anggota pendiri (cofounder) IndoConsult, di Menara Mandiri Sudirman. Menurut Pak Peter, Pak Simon memerlukan staf yang mengerti teknologi informasi. Proyek konsultasi yang digarap oleh mereka beragam, mulai dari perhitungan finansial hingga eksekusi lapangan.

Suasana kerja di C-Consulting saat itu tidak nyaman. Proyek pengembangan aplikasi tidak banyak, gaji kami sering terlambat dibayarkan, dan Pak Peter jarang ada di Jakarta. Situasi itu membuat kami senang ketika dipindahkan ke IndoConsult. Perbedaan antara C-Consulting dan IndoConsult sangat terasa. Di C-Consulting…

--

--

Ivan Lanin

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang berlatih bercerita setiap hari