Buku Audio

Lari pagi tidak lagi terasa membuang waktu dengan ditemani buku audio.

Ivan Lanin

--

Ilustrasi: Distingué CiDDiQi/Unsplash

Pada awal 2023, saya memutuskan untuk berlangganan Blinkist versi premium. Blinkist adalah layanan berlangganan (subscription service) ringkasan buku berbasis di Jerman yang didirikan pada 2012. Layanan ini menyediakan ringkasan lebih dari 5.000 buku nonfiksi berbagai genre dalam bentuk teks dan audio bahasa Inggris. Tiap buku diringkas menjadi berapa ide utama yang disebut blink (kedip) yang audionya berdurasi 15–30 menit.

Belum jadi anggota Medium? Baca versi gratis tulisan ini.

Sebenarnya, saya sudah terdaftar di Blinkist sejak 2016, tetapi saat itu saya menggunakan versi gratisnya. Versi gratis menyediakan satu buku gratis per hari yang mereka pilihkan. Versi berbayar (premium) membuka akses bebas untuk semua buku. Kebetulan, pada awal 2023, mereka memberikan korting 50% menjadi $45 (sekitar Rp700 ribu) untuk biaya langganan setahun.

Selama hampir setahun ini, saya sudah mendengarkan 49 ringkasan buku dari Blinkist yang selalu saya lakukan sambil lari pagi. Kalau dihitung-hitung, itu berarti sekitar Rp15 ribu per buku. Lumayan, lo. Saya sempat menyimak, antara lain, Atomic Habits (James Clear), On Writing Well (William Zinssler), dan Homo Deus (Yuval Noah Harari). Pengetahuan saya bertambah meski tidak dalam. Yang penting, lari…

--

--

Ivan Lanin

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang berlatih bercerita setiap hari